Rabu, 10 Februari 2016

Open Training KFP


Ingin belajar futsal tapi mulai dari dasar? atau sudah punya modal dasar futsal tapi belum pernah ikut latihan dengan metode pelatihan futsal? Kami punya solusinya untuk teman-teman yang kebingungan dalam hal berlatih futsal. KFP melalui divisi Pembinaan menggelar latihan rutin setiap hari Minggu pukul 14.00 WIB-selesai bertempat di Lapangan Pro Futsal, Jl. Kenanga, Klego Kota Pekalongan. Latihan ini terbuka untuk umum, tidak memandang usia, golongan, maupun tingkatan menguasai teknik futsal. Biasanya kegiatan ini diikuti oleh 25-30 peserta yang datang dari seluruh penjuru Kota Pekalongan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga teman-teman kita yang sudah bekerja. Tidak ada pembedaan, karena murni BELAJAR BERSAMA-SAMA. Cukup membawa uang Rp.10.000,- untuk iuran sewa lapangan, teman-teman bisa ikuti seluruh rangkaian latihan futsal Open Training. Apa saja jenis latihannya? Yuk kita simak :)



1. Latihan Fisik (Pemanasan)






Latihan Fisik ini tergolong pemanasan sebelum masuk ke latihan inti. manfaatnya adalah: Pertama, pemanasan mampu meningkatkan suhu otot. Hal ini membuat kinerja otot lebih optimal sehingga mampu membuat performa di lapangan lebih baik dibandingkan yang tidak melakukan pemanasan. Kedua, pemanasan mampu mengurangi risiko terjadinya cedera. Pemanasan mampu meningkatkan fleksibilitas otot hingga 20 %. Pemain menjadi kurang fleksibel ketika otot masih dingin. Otot yang dingin akan lebih mudah robek dibandingkan otot yang lebih panas. Ketiga, pemanasan sangat berguna untuk mengkondisikan psikologis pemain sebelum menginjak latihan inti. Psikologis yang baik tentunya akan menunjang persiapan fisik yang sudah baik sehingga performa akan lebih optimal sebelum memasuki latihan inti
2. Latihan Agility




Kegunaan atau manfaat langsung agility antara lain:
a. Mengkoordinasikan gerakan-gerakan berganda (stimulasi).
b. Mempermudah penguasaan teknik-teknik futsal.
c. Mempermudah orientasi terhadap lawan dan lingkungan.

3. Passing





Passing merupakan salah satu teknik dasar permainan futsal yang sangat  dibutuhkan dan harus dikuasai oleh setiap pemain futsal,karena dengan lapangan yang rata dan ukuran lapangan yang kecil dibutuhkan passing yang cepat,keras dan akurat,karena bola yang mengalir sejajar dengan tumit pemain,sebab hampir sepanjang permainan futsal menggunakan passing. Untuk menguasai skill passing diperlukan penguasaan gerakan sehingga sasaran yang diinginkan tercapai. berikut ini adalah cara melakukan passing yang benar :
  • Tempatkan kaki tumpu disamping bola dan kaki yang akan menendang bola sedikit mundur di belakang bola.
  • Gunakan kaki bagian dalam untuk melakukan tendangan/passing.
  • Kunci atau kuatkan tumit agar saat sentuhan dengan bola lebih kuat.
  • Kaki dalam dari atas di arahkan ke tengah bola dan di tekan kebawah agar bola tidak melambung.
  • Diteruskan dengan gerakan lanjutan,dimana setelah sentuhan dengan bola dalam melakukan passing ayunan passing ayunan kaki jangan dihentikan.
4. Shooting



Shooting merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain,teknik ini merupakan cara untuk menciptakan gol,karena seluruh pemain Futsal dapat kesempatan untuk menciptakan gol dan memenangkan pertandingan atau permainan.Shooting dapat dibagi menjadi dua teknik yaitu shooting punggung kaki dan ujung sepatu atau ujung kaki.Teknik menggunakan punggung kaki antara lain :
  • Tempatkan kaki tumpu disamping bola dengan jari-jari kaki lurus menghadap arah gawang,bukan kaki yang untuk menendang.
  • Gunakan bagian punggung kaki untuk melakukan shooting.
  • Konsentrasikan pandangan kearah bola tepat ditengah-tengah bola pada saat punggung kaki menyentuh bola.
  • kunci atau kuatkan tumit agar saat sentuhan dengan bola lebih kuat.
  • Posisi badan agak dicondongkan ke depan,apabila badan tidak dicondongkan maka kemungkinan besar perkenaan bola bagian bawah dan akan melambung tinggi.
  • Diteruskan dengan gerakan lanjutan,dimana setelah sentuhan dengan bola dalam melanjutkan shooting ayunan kaki jangan dihentikan.
Teknik shooting dengan menggunakan ujung sepatu atau ujung kaki sama halnya dengan shooting menggunakan punggung kaki ,hanya bedanya pada saat melakukan shooting perkenaan kaki tepat di ujung sepatu atau ujung kaki.
5. Goal keeper
PEREGANGAN OTOT 
Guna meminimalisir cedera yang dialami saat bermain ataupun latihan, seorang kiper wajib dan harus melakukan pemanasan sebelum memulai permainan. Pemanasan yang baik dilakukan cukup 15 menit. 
Metode pemanasan otot dapat dilakukan dengan dua cara yakni : 
Melakukan peregangan otot dan mengoleskan balsem pada bagian-bagian otot yang riskan akan terkena cidera. Cara pemanasan otot yang kedua cukup membantu apabila seorang kiper datang ke lapangan agak terlambat sehingga waktu yang dimiliki untuk melakukan pemanasan tidak cukup. Namun, cara pemanasan yang pertama lebih baik karena otot dilemaskan atau diregangkan secara alami dan melalui proses pergerakan yang bertahap. 

LATIHAN MENANGKAP BOLA 
Seorang kiper seringkali gagal dalam mengantisipasi tendangan bola dari pemain lawan ke gawang, banyak hal yang menjadi penyebabnya antara lain ; kemampuan yang belum cukup dari kiper itu sendiri, keberanian yang kurang serta kemampuan dalam membaca datangnya arah bola. Untuk meningkatkan kemampuan dalam menangkap bola, seorang kiper diharuskan lebih banyak berlatih dengan cara memantulkan bola ke arah dinding sesering mungkin, diharapkan meningkatkan porsi lemparan, dari yang sedang hingga ke lemparan yang lebih keras atau lebih cepat. Selain itu, posisi kedua tangan saat menangkap bola juga berpengaruh besar dalam hal ketepatan menangkap. Posisi kedua tangan yang baik adalah, kedua belah tangan dibuka dengan telapak tangan menghadap kedepan, dimana posisi kedua ibu jari saling bertemu sama lain. Hal ini dimaksudkan agar bola yang terlepas dari tangkapan masih dapat tertahan oleh kedua ibu jari tersebut. 

3.Latihan Posisi L dan M 
Porsi latihan selanjutnya adalah gerakan/posisi L dan M. 

Itu adalah beberapa menu latihan Open Training KFP. Foto dan video latihan selengkapnya dapat dilihat di instagram @futsalpekalongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar